Terima Kasih Anda Telah Berkunjung ke !Enthusiast Blog! Selamat Menikmati dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentar :D


Translate This!

Minggu, 21 September 2014

Tips Untuk Kalian Para Calon Gitaris Handal..

Sorry, Judulnya Lebay..:p

Main Gitar


Setelah sekian lama disibukkan oleh yang namanya sekolah dan lomba, akhirnya saya bisa ngepost lagi di blog ini. Berhubung sekarang jadwal lagi kosong, maka banyak waktu luang yang saya miliki. Dahulu, saya selalu bingung, mau ngapain ya? Pelarian saya satu-satunya hanyalah bermain komputer setiap waktu. Lama-lama kalo main game terus bakal bosen juga ya..:p Tapi semenjak saya belajar gitar secara otodidak dan mulai bisa memainkan beberapa lagu, entah mengapa saya mulai tertarik dalam dunia 'musik'. Bermain gitar tak sesulit yang dikira.. Saat ini saya mau share tips-tips dasar ketika saya mulai bermain gitar pertama kali..


1. Milikilah Gitarmu Sendiri dan 'Sayangi' Mereka!

MainGitar2

Tips yang sebenernya terlihat kurang penting, tapi harus dilakukan. Untuk bisa bermain gitar dengan cepat, maka diperlukan latihan yang banyak. Oleh karena itu, memiliki gitar sendiri merupakan kewajiban. Tidak mungkin kita hanya bisa bermain gitar ketika teman membolehkan meminjamkan gitarnya. Oh ya, sebelumnya, pertimbangkan terlebih dahulu, gitar apa yang akan anda mainkan. Ada gitar klasik, akustik, dan elektrik. Cari di google sendiri ya kelebihan dan kelemahan masing-masing :D. Satu lagi nasihat absurd saya, yaitu cintailah gitarmu, karena saya yakin jika mereka memiliki jiwa yang sama dengan kita, kita akan lebih mudah 'memainkan' mereka..


2. Cobalah Santai Ketika Bermain Gitar


MainGitar3

Bermain gitar itu harus santai, dan tanpa tekanan. Karena jika bermain gitar karena dipaksa, maka hasilnya tidak maksimal. Cobalah serileks mungkin saat main gitar. Karena saat anda tegang, anda tidak akan fokus bermain gitar tersebut. Nikmati saja lagu yang kalian mainkan. Pasti akan terdengar lebih bagus hasilnya.


3. Bergaul Dengan yang Ahli Main Gitar


Main gitar 4

Ini benar-benar pengalaman saya. Ketika itu saya sempat sekelas yang seperempat anak-anaknya adalah anak band di sekolah. Saat jam istirahat, saya sering memperhatikan mereka bermain alat musik. Saya melihat pergerakan tangan mereka, dan saya mulai mempraktekannya di rumah. Ketika itu lagu yang dinyanyikan mereka cukup mudah dan saya mulai bisa memainkan lagu itu. Kalau tidak salah judulnya "Cintaku" dari Alm. Chrisye. Mulai saat itu saya mulai berlatih gitar secara otodidak. Mungkin hal serupa bisa terjadi pada anda?


4. Pelajari Chord yang Mudah Dahulu


5






Dari pengalaman yang saya lihat, rata - rata para pemula gitar terlalu berlatih keras dalam melatih chord C sampai-sampai melupakan chord lain yang sebenarnya lebih mudah dipelajari. Misalkan chord E , chord D , Chord A. Ketika kalian sudah terbiasa dengan chords mudah dan jari kalian sudah cukup kuat menahan senar, maka cobalah untuk mempelajari chord baru. Oh ya, perlu diingat bahwa sebenarnya panjang pendeknya jari kalian tidak terlalu banyak berpengaruh. So, jangan mudah menyerah beralasan jari pendek ya!


5. Coba Mainkan Beberapa Lagu yang Mudah Terlebih Dahulu

6


Jangan terburu-buru mau langsung mainin lagu Sweet Child O'Mine - GnR atau lagu Stairway to Heavennya Led Zeppelin. Cobalah dengan lagu-lagu mudah seperti lagu anak-anak atau lagu pop yang easy listening. Dahulu saya mencoba lagu Kuburan Band yang kuncinya C - Am - Dm - G dan diulang-ulang. Coba saja sampai kalian mulai terbiasa dengan perpindahan chord. Untuk referensi chord lagu, biasanya kalau lagu luar ambil di http://tabs.ultimate-guitar.com/ atau di http://e-chords.com/  sedangkan lagu indonesia di chordfrenzy. Kalo sudah ahli, kalian malahan bisa nyari chord sendiri. :D


6. Mulai Perbanyak Referensi Lagu dan Perbanyak pula Skill Teknik Gitar Kalian 


7


Jika kali ini kalian sudah cukup mahir main gitar, perbanyaklah lagu yang kalian mainkan. Niscaya, hal itu akan membuat kemampuan kalian meningkat lagi. Dan jangan lupa, jangan cepat puas dengan apa yang kalian sudah kuasai. Tambah lagi Skill Bermain Gitar kalian! Apa saja yang bisa kalian pelajari? Nih, saya beri bonus teknik para gitaris handal!

Teknik Gitar
*Berikut Daftar Nama Nama Teknik Gitar Yang Harus Dikuasai Seorang Gitaris

1.Alternate Picking :

 
Gerakan kebawah dan keatas dalam memetik senar gitar"string" secara konstan dan bergantian.

2.Slur :

 
Teknik slur ini di bagi menjadi 2 yaitu  Hammer-On (ascending slur) dan Pull-Off (descending slur).teknik Slur ini termasuk salah satu teknik dasar yang penting dalam bermain gitar elektrik maupun gitar akustik.

  A.Hammer-On :

 
Teknik memetik senar gitar dengan cara mengetuk (hammer/palu) di not ke-2 yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi.

  B.Pull-Off :

 
Teknik memetik senar gitar dengan cara mengetuk pull (mencongkel) di not ke-2 yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi.sementara notPertama masih berbunyi.

3.Legato :

 
Legato merupakan teknik gabungan slur dari beberapa nada (biasanya dari nada tinggi ke rendah) yang dirangkai menjadi satu kesatuan dalam satu permainan.

4.Bending :

 Teknik Iini pada dasarnya adalah meninggikan bunyi nada dengan cara di gerakan ke atas atau ke bawah dalam satu kolom dengan menggunakan jari
 
Ada 3 macam teknik Bending, yaitu:

* Natural Bending

 
Cara memainkannya :
Senar ditekan dengan not yang dikehendaki, lalu jari tersebut digerakan keatas atau kebawah sehingga    bunyi yang dihasilkan lebih tinggi dari bunyi not semula. Untuk senar 1(E), 2(B) dan 3(G) bending dimainkan keatas, sedangkan senar 4(D), 5(A) dan 6(E) dimainkan ke bawah.

* Release Bending

 
Cara memainkannya :
Bending dilakukan terlebih dahulu sebelum dipetik sehingga belum menghasilkan suara, setelah senar digerakkan ke atas kemudian senar tersebut dipetik dan dikembalikan ke not asal tanpa dipetik kembali.

* Unision Bending

 
Cara memainkannya :
Senar yang lebih tinggi atau not yang lebih rendah dari 2 not, di-bending sampai memiliki not yang sama dengan not yang lebih tinggi dan dibunyikan secara bersamaan.

5. Slide :

 
Geknik menggeser jari yang menekan senar dengan not tertentu menuju ke not yang lain dengan arah maju atau mundur (Ascending slide atau Descending slide).

6. Harmonic :

 
Teknik yang dilakukan untuk menghasilkan suara lebih tinggi dari not asal menggunakan teknik sentuhan jari "touch" .

7. Tapping :

 
Teknik yang dimainkan tanpa menggunakan pick atau pemetik, melainkan dengan cara jari-jari kedua tangan berada di neck gitar, maka teknik tapping ini bisa juga disebut teknik Two Handed. Teknik tapping ini didasari oleh teknik slur yaitu Hammer-On dan Pull-Off yang dikombinasikan dengan Tap pada jari tangan kanan.

8. String Skipping :

 
Teknik yang di mainkan dengan cara melewati (melangkahi) 1 senar atau skip senar.

9. Sweep Picking :

 
Teknik yang di mainkan seperti gerakan mengusap (sweep), dan di gunakan untuk memainkan teknik yang di sebut Sweeping.

10. Arpegio:

 
Teknik memetik senar degan cara memecah nada dari sebuah chord atau kunci gitar secara bergantian (teratur) . Paling sering di aplikasikan untuk Sweep Picking (Sweeping) tapi arpegio juga bisa di mainkan dengan teknik lain seperti String Skipping yang di sebut "String Skipping Arpegio".

11. Ascending :

 
Permainan bergerak dari nada rendah ke nada tinggi.

12. Descending :

 
Kebalikan dari ascending, yaitu permainan bergerak dari nada tinggi ke nada rendah.

13. Barre :

 
Satu jari yan menekan beberapa senar atau fret sekaligus.

14. Chicken picking / hybrid picking :

 
Teknik petikan denga menggunakan pick dan jari. biasanya sering di pakai oleh musisi country.

15. Five not per string :

 
Lima not tiap senar.

16. Passing note :

 
Nada yang berfungsi sebaga penghubung.

17. Range :

 
Rentang atau jangkauan nada.

18. Slide up :

 
Membunyikan satu nada kemudian menggeser ke nada yang lebih tinggi.

19. Slide down :

 
Kebalikan dari slide up.

20.Stretching :


Gerakan membentangkan jari yang berdekatan sejauh mungkin.



*http://www.zonagitar.com/2013/03/daftar-nama-teknik-gitar-yang-wajib.html





So, Sekian Tips dari Saya.. Semoga Tips dari Artikel Ini dapat Membantu Kalian dalam Mempelajari Alat Musik Gitar... Bye.. 
 

Creatif By : Sebast Selalu "!Enthusiast!" mencari Pengetahuan....

Terimah Kasih telah membaca artikel Tips Untuk Kalian Para Calon Gitaris Handal... Yang ditulis oleh Sebast .Pada hari Minggu, 21 September 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

:: Get this widget ! ::

2 komentar:

Site Info

Check Google Page Rank DMCA.com W3 Directory - the World Wide Web Directory

Recent Comments